Mengenal PHP

PHP? banyak dari anak muda sering mengatakan istilah PHP. Namun apa sih sebenarnya PHP itu?

Kalau di kalian anak alay, pasti arti PHP itu adalah Pemberi Harapan Palsu, yang awalnya di kasih harapan, eh pas kitaanya udah ngerasa cocok dan mau serius malah di tinggalin. Sedih bangetkan? (Lah ko malah curhat).

PHP yang akan saya bahas disini bukanlah tentang pemberi harapan palsu, melainkan salah satu bahasa pemrograman yang populer saat ini. Nah, apa sih PHP itu?

PHP (PHP Hypertext Programming) adalah salah satu bahasa pemrograman yang populer di dunia pengembangan website. PHP sebagai server side Programming. Loh, kenapa disebut sebagai server side programming ya?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, kita harus memahami terlebih dahulu proses kerja sebuah website. Website dapat diakses oleh client dengan menggunakan browser berbasis desktop (misal: IE, Chrome, Firefox, Safari, Opera, dll) atau command line (lynx, curl, dll). Proses kerja bermula ketika kita mengetikan alamat website pada address bar browser, kemudian browser mengirimkan permintaan kepada server (server website misalnya: Apache, nodejs, nginx, dll), server menerima permintaan dari client (browser) dan meneruskan permintaan tersebut kepada server side programming (pada pembahasan kali ini menggunakan PHP). PHP memproses permintaan tersebut, kemudian memberikan hasilnya kepada server, selanjutnya server mengirimkan hasil proses PHP ke browser sebagai respon dari permintaan yang tadi. Nah kira-kira seperti itulah proses kerja sebuah website.

Kemudian, apa saja perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk belajar PHP? Yang pastinya kita harus menginstall program server dan PHP itu sendiri. Untuk belajar, kita cukup mengginstall program XAMPP atau WAMP untuk pengguna Windows, dan LAMPP untuk pengguna Linux. Pada paket program tersebut sudah tersedia Apache sebagai web server, PHP, dan MySQL sebagai databasenya. Kalau versi terbaru databasenya sudah menggunakan MariaDB.

Belajar bahasa PHP itu tidak sulit, asalkan kita rajin membaca dan mempraktekan apa yang sudah kita pelajari. Saya sara cukup sekian tentang mengenal PHP. Pada postingan berikutnya saya akan mulai menjelaskan bagaimana instalasi PHP sampai membuat program sederhana menggunakan PHP.

Contoh program PHP:

<?php
   echo "Hello Word";
?>

Share this via , , Google+ and LinkedIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *